Makalah Dampak Pengangguran Terhadap Kemiskinan



MAKALAH
ILMU SOSIAL DASAR

DAMPAK PENGANGGURAN TERHADAP KEMISKINAN



DISUSUN OLEH :
NAMA      : ERIKA SADILAH PUTRI
KELAS     : 1IA08
NPM          : 51417965

FAKULTAS TEKNIK INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2017



Kata Pengantar

Dengan menyebut nama Allah S.W.T yang maha pengasih lagi maha penyayang. Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Dampak pengangguran terhadap kemiskinan” ini. Makalah yang saya tulis ini merupakan kumpulan dariu sumber sumber berita di internet , yang saya rangkum menjadi sebuah tulisan yang dapat menambah wawasan kita . Karena keterbatasan pengetahuan saya dalam menulis makalah ini, saya yakin masih ada kekurangan di dalam makalah ini. Oleh karena itu saya meminta maaf dan mengharpkan para pembaca dapat memberi saran hingga makalah ini menjadi lebih baik.


Jakarta, Oktober 2017

(Erika Sadilah Putri)
                 


DAFTAR ISI

Halaman Judul ………………………………………………………………….1

Kata Pengantar ………………………………………………………………… 2

DAFTAR ISI …………………………………………………………………... 3

BAB I  PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang ………..…………………………………………………… 4
1.2  Rumusan Masalah ...………………………………………………………. 4
1.3  Manfaat Penulisan ……………………………………………………........ 4

BAB II  PEMBAHASAN

A.Sebab-sebab tingginya pengangguran di Indonesia ………………………………..5
B.Dampak-dampak yang diakibatkan pengangguran ………………………………...6
C.Solusi mencegah kemiskinan …..…………………………………………………..6

BAB III  PENUTUP

3.1   Kesimpulan …………………………………………………………………7
3.2   Saran ………………………………………………………………………. 7

DAFTAR PUSTAKA ......................................................................................... 8







BAB I
PENDAHULUAN

1.1             Latar Belakang

 Di Indonesia saat ini tidak sedikit masyarakat dengan penghasilan yang masih dibawah rata-rata, Indonesia tercatat sebagai negara berkembang dimana pendapatan penduduk perkapita masih kurang dari kebutuhan masyarakat sebenarnya. Permasalahan akan timbul terutama dibidang perekonomian, masalah-masalah yang timbul diantaranya pengangguran dan kemiskinan.
Pengangguran banyak disebabkan karena kurangnya lapangan pekerjaan juga sumber daya manusia yang kurang memadai. Begitu pula dengan kemiskinan akibat banyaknya pengangguran secara otomatis menyebabkan timbulnya kemiskinan di masyarakat.


1.2         Rumusan Masalah

  Pada rumusan masalah dalam makalah ini kita akan membahas hal – hal apa saja yang dapat menyebabkan tingginya angka pengangguran, dampak yang diakibatkan, serta solusi untuk mencegah kemiskinan.


1.3         Manfaat Penulisan

1.      Mengetahui dampak pengangguran di Indonesia terutama dengan tingkat kemiskinan di Indonesia.
2.      Mengetahui cara penanggulangan pengangguran sehingga dapat menekan angka kemiskinan di Indonesia.


BAB II
PEMBAHASAN


A.         Sebab-sebab tingginya pengangguran di Indonesia
Dapat kita ketahui bahwa jumlah pengangguran di Indonesia setiap tahun mengalami pertambahan. Sedangkan lapangan pekerjaan semakin sedikit, karena banyak tempat kerja lebih menggunakan tenaga mesin dibandingkan tenaga manusia dikarenakan lebih canggih dan lebih cepat. (Halokawan, 2017) Faktor utama penyebab terjadinya pengangguran di Indonseia adalah kesalahan pola pikir dan kesulitan mengembangkan kreativitas. Ada beberapa factor lain yang dapat menyebabkan tingginya pengangguran di Indonesia :

1.      Penduduk yang relatif banyak setiap tahunnya. Bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia ternyata mebawa dampak yang kurang baik, karena kepadatan penduduk akan menambah jumlah pengangguran di Indonesia.
2.     Pendidikan yang rendahSeperti kita tahu bahwa syarat minimal untuk mendapat pekerjaan yaitu mempunyai Ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA). Maka dari itu jika Pendidikan rendah tentu akan sulit mendapatkan pekerjaan.
3.     Terbatasnya lapangan kerjaBertambahnya penduduk tentu harus diseimbangi dengan banyaknya lapangan pekerjaan, tetapi jika lapangan pekerjaan terbatas hal ini menyebabkan semakin banyaknya pengangguran.
4.      Teknologi yang semakin modern atau canggih. Semakin berkembangnya zaman teknologi semakin modern, contohnya sekarang pemerintah sudah menyediakan layanan e-toll karena itu akan mempercepat pekerjaan.
Tentunya masih banyak hal-hal lain yang dapat menyebabkan tingginya pengangguran di Indonesia selain hal yang tertera di atas.



B.          Dampak-dampak yang diakibatkan pengangguran

Tingkat pengangguran dari tahun ke tahun masih cukup tinggi. Banyak dampak-dampak yang terjadi akibat penangguran diantaranya adalah meningkatnya kemiskinan, (Edita80, 2013) Orang yang menganggur tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Jika angka pengangguran semakin meningkat, tentu angka kemiskinan pun akan meningkat. Selain itu meningkatnya perumahan kumuh, karena kurangnya penghasilan kebanyakan tinggal ditempat yang sudah tidak layak sehingga mereka menempati tempat-tempat kumuh. Dampaknya juga dapat berakibat menurunnya  tingkat Pendidikan pelajar karena biaya yang kurang mencukupi, dan lebih banyak anak – anak yang menjadi anak jalanan.

C.         Solusi megatasi kemiskinan

Untuk mengatasi masalah kemiskinan, pemerintah memiliki peran yang besar. Namun dalam kenyataannya, program yang dijalankan oleh pemerintah belum mampu menyentuh pokok yang menimbulkan masalah kemiskinan ini. Ada beberapa program pemerintah yang sudah dijalankan dan dimaksudkan sebagai solusi untuk mengatasi masalah kemiskinan ini. Seperti di antaranya adalah :
1.      menciptakan lapangan kerja yang mampu menyerap banyak tenaga kerja sehingga mengurangi pengangguran. Karena pengangguran adalah salah satu sumber penyebab kemiskinan terbesar di indonesia.

2.     Menghapuskan korupsi. Sebab korupsi adalah salah satu penyebab layanan masyarakat tidak berjalan sebagaimana mestinya. Hal inilah yang kemudian menjadikan masyarakat tidak bisa menikmati hak mereka sebagai warga negara sebagaimana mestinya. (Apriyanis, 2013)

3.     Mengadakan sekolah gratis untuk anak – anak yang kurang mampu.

4.     Menyediakan lebih banyak dana untuk daerah – daerah miskin.

BAB III
PENUTUP


3.1     Kesimpulan

Pengangguran adalah orang yang tidak mempunyai pekerjaan, lengkapnya orang yang tidak bekerja dan (masih atau sedang) mencari. (Muto Sagala, 2012) Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global.. Oleh sebab itu kita harus mempunyai kemauan untuk mengubah diri kita agar lebih mau bekerja keras. Karena kita tidak akan dapat mengubah apapun jika kita tidak mau berusaha.  


3.2               Saran

Sudah seharusnya pemerintah Indonesia berusaha untuk menekan angka kemiskinan agar tidak menimbulkan permasalahan yang lebih buruk lagi. Diantaranya terdapat program-program yang diperuntukan untuk rakyat miskin guna menekan angka kemiskinan di Indonesia. Diharapkan program-program tadi dapat benar-benar menekan angka kemiskinan dan menjadikan Indonesia menjadi negara yang lebih maju, mandiri dan lebih baik kedepan.




DAFTAR PUSTAKA


Halokawan, 2017. Faktor Penyebab Tingginya Pengangguran di Indonesia. Diambil dari :
http://halokawan.com
Edita’s Blog, 2013. Maslah yang timbul akibat dari pengangguran. Diambil dari :
https://edita80.wordpress.com/2013/02/17/masalah-yang-timbul-akibat-dari-pengangguran/
Sari Apriyani, 2013. Upaya Pemerintah Untuk Mengatasi Kemiskinan di Indonesia. Diambil dari :
http://apriyanis.blogspot.co.id/2013/04/upaya-pemerintah-untuk-mengatasi.html
Muto Sagala, 2012. Cara Menanggulangi kemiskinan. Diambil dari :
https://mutosagala.wordpress.com/2012/05/08/cara-menanggulangi-kemiskinan/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Logo Indomie

Tugas Desain Pemodelan Grafik - Logo Indomie

DESAIN GRAFIS