PERBEDAAN TV DIGITAL & TV ANALOG

TV DIGITAL DAN TV ANALOG


  • Pengertian Tv Digital
Televisi digital atau DTV adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem 
kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi. Modulasi itu sendiri adalah proses perubahan suatu gelombang periodik sehingga menjadikan suatu sinyal mampu membawa suatu informasi. Dengan proses modulasi, suatu informasi (biasanya berfrekeunsi rendah) bisa dimasukkan ke dalam suatugelombang pembawa, biasanya berupa gelombang sinus berfrekuensi tinggi. Peralatan untuk melaksanakan proses modulasi disebut modulator, sedangkan peralatan untuk memperoleh informasi informasi awal (kebalikan dari dari proses modulasi) disebut demodulator dan peralatan yang melaksanakan kedua proses tersebut disebutmodem. Televisi digital merupakan alat yang digunakan untuk menangkap siaran TV digital, perkembangan dari sistem siaran analog ke digital yang mengubah informasi menjadi sinyal digital berbentuk bit data seperti komputer.

  • Pengertian Tv Analog
Televisi analog mengkodekan informasi gambar dengan memvariasikan voltase dan frekuensi 
dari sinyal. Seluruh sistem sebelum Televisi digital dapat dimasukan ke analog. Sistem yang 
dipergunakan dalam televisi analog NTSC (national Television System Committee), PAL, dan SECAM.

  • Kelebihan TV Digital
1. Kelebihan signal digital pada TV Digital dibanding analog terletak pada ketahanannya 

terhadap noise dan kemudahannya untuk diperbaiki (recovery) di penerima dengan kode koreksi error (error correction code)

2.  Keuntungan transmisi digital lainnya adalah less bandwidth karena interference digital channel lebih rendah, sehingga beberapa channel bisa dikemas atau “dipadatkan” dan dihemat.

3.   sinyal digital bisa dioperasikan dengan daya yang rendah (less power).

  • Perbedaan TV Analog dengan TV Digital
Setelah kita mengetahui pengertian Tv Digital dan Tv Analog, kita juga perlu mengetahui perbedaan
antara Tv Digital dan Tv Analog. Jadi perbedaan yang paling mendasar pada system penyiaran televisi analog dan digital adalah pada penerimaan gambar yang dikirimkan pemancar. Pada system analog, semakin jauh lokasi penerima televisi dari stasiun pemancar, signal akan makin melemah dan penerimaan gambar menjadi buruk dan berbayang. Sedangkan pada system digital, siaran gambar yang jernih akan dapat dinikmati sampai pada titik dimana signal tidak dapat diterima lagi. Jadi perbedaan TV Analog dan TV Digital terletak pada system tranmisi pancarannya, TV di Indonesia, masih banyak yang menggunakan system analog yaitu dengan cara memodulasikannya langsung pada Frekwensi Carrier. Pada system digital, data gambar atau suara dikodekan dalam mode digital (diskret) baru di pancarkan.

Untuk bisa menerima siaran digital pada TV yang analog (untuk televisi model lama biasanya masih menggunakan tabung) tidaklah sulit dan juga tidak terlalu mahal, hanya dibutuhkan receiver. Receiver ini hanya tinggal pasang antena dan kemudian AV nya colokkan ke TV selesai. Untuk siaran TV satelit bernama DVB-S (Digital Video Broadcasting – Satelite). Sedangkan untuk di daratan bernama DVB-T(Digital Video Broadcasting – Terresterial).

Dengan adanya system penyiaran tv digital ini, memungkinkan pengguna televisi dapat membandingkan keunggulan kualitas siaran digital dengan siaran analog serta dapat berinteraksi dengan TV Digital. Teknologi siaran digital menawarkan integrasi dengan layanan interaktif dimana TV Digital memiliki layanan komunikasi dua arah layaknya internet.




Siaran televisi digital terestrial dapat diterima oleh sistem penerimaan televisi tidak bergerak maupun sistem penerimaan televisi bergerak. Kebutuhan daya pancar televisi digital yang lebih kecil menyebabkan siaran dapat diterima dengan baik meski alat penerima siaran bergerak dalam kecepatan tinggi seperti di dalam mobil dan kereta.TV Digital memungkinkan penyiaran saluran dan layanan yang lebih banyak daripada televisi analog. Penyelenggara siaran dapat menyiarkan program mereka secara digital dan memberi kesempatan terhadap peluang bisnis pertelevisian dengan konten yang lebih baik, lebih menarik, dan mendidik juga tentunya.

Jadi, untuk kedepannya televisi digital akan semakin dikembangkan dan akan banyak digunakan karena teknologi televisi digital lebih efisien dalam penggunaan channel frekuensi dibandingkan teknologi analog yang selama ini dipergunakan.


         Sumber :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Logo Indomie

Tugas Desain Pemodelan Grafik - Logo Indomie

DESAIN GRAFIS